Usulkan Pembangunan BMKG Malinau

0
46
https://kaltara.prokal.co/read/news/37108-usulkan-pembangunan-bmkg-malinau

TANJUNG SELOR – Lahan pembangunan Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Kabupaten Malinau dipastikan saat ini telah clean and clear. Artinya, pembangunan secara fisik kantor itu pun sudah dapat dilakukan di daerah dengan sebutan Bumi Intimung tersebut.

Dikatakan Kepala BMKG Tanjung Harapan, Tanjung Selor, Muhammad Sulam Khilmi, alasan pihaknya menomorsatukan lahan agar dapat selesai dahulu, dikarenakan erat kaitannya pada tahap selanjutnya. Yaitu pada proses penganggaran pembangunan yang secara langsung dari pemerintah pusat. Mengingat, penganggaran tak dapat dilakukan atau dicairkan selama lahan belum sepenuhnya clean and clear.

“Jadi, lahan ini menjadi dasar kuat untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Alhamdulillah, saat ini dapat dipastikan untuk wacana pembangunan Kantor BMKG di Malinau sudah ke tahap itu (clean and clear),” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Untuk tahap selanjutnya terkait progres yang ada saat ini, menjelaskan bahwa akan segera melakukan koordinasi perihal penganggarannya. Dengan harapan nanti akan segera digelontorkan anggaran dan pembangunan dapat dilakukan di tahun ini.

“Mudah-mudahan di tahun ini untuk Kantor BMKG di Malinau sudah dapat direalisasikan. Jelasnya kami akan melakukan koordinasi segera ke pusat perihal ini,” ujar pejabat yang ramah dan murah senyum ini.

Ditanya mengenai lokasi persis pembangunan Kantor BMKG di Malinau, disebutkannya bahwa ada di wilayah atau area Bandar Udara (Bandara) Malinau. Mengingat, sebelumnya sudah ada personel BMKG yang telah ditugaskan sejak Desember lalu di lokasi tersebut. Sehingga sebagai tindaklanjutnya, maka di area itu pun akan dibangun Kantor BMKG Malinau.

“Nanti di Kantor BMKG Malinau di area bandara akan fokus pada AIRNAV atau penerbangannya,” katanya seraya berkata akan ada dua Kantor BMKG di Malinau yang akan dibangunnya.

Alasan sampai dibangunnya dua Kantor BMKG di daerah tersebut untuk semakin meningkatkan pelayanan terhadap semua sektor. Mengingat, jika hanya di satu titik di bandara, ini dinilai terbatas lantaran di area itu tentu tak semua steril. Sehingga memang adanya pembangunan Kantor BMKG di Malinau lainnya guna pelayanan terhadap masyarakat, perusahaan ataupun instansi pemerintahan.

“Nanti yang di luar itu lebih pada pelayanan meteorologi publik. Hanya, memang untuk yang tahap awal ini sementara di area Bandara dahulu yang akan dibangun. Sebab, untuk pembangunan di luar masih dalam proses clean and clear lahan,” bebernya. (omg/eza)

Sumber: https://kaltara.prokal.co/read/news/37108-usulkan-pembangunan-bmkg-malinau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here