Rombak Pasar Tenguyun Jadi Pasar Modern

0
15
https://kaltara.prokal.co/read/news/37107-rombak-pasar-tenguyun-jadi-pasar-modern/6

TARAKAN – Setelah merombak satu los yang biasa digunakan pedagang Pasar Tenguyun berjualan ikan dan sembako, tahun ini giliran los pasar bagian tengah yang dirombak. Pasar Tenguyun akan menjadi pasar yang lebih modern.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM) Tarakan, Untung Prayitno mengatakan, perombakan bagian tengah Pasar Tenguyun dilakukan setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan dengan alokasi anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebesar Rp 6 miliar.

“Ini tahap kedua kita melakukan pembangunan yang sama seperti tahap pertama, anggaran kurang lebih Rp 6 miliar untuk pembangunan Pasar Tenguyun, khususnya los pasar bagian tengah,” ucapnya, Kamis (29/4).

Adapun rencana pembangunan yang dimulai tahun ini saat ini masih dalam proses administrasi, pedagang pasar yang berada di bagian los tengah yang akan dirombak akan dipindahkan sementara ke lokas pasar yang baru dibangun pada tahap pertama dan pembukaan lapak sementara di area parkir. “Meskipun tahap pertama belum jadi kita akan pindahkan sementara ke sana dan sebagian besar sementara kemungkinan di area parkir,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, jumlah lapak dan kios di los pasar bagian tengah jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan dengan los pertama yang dibongkar. Jumlah kios ada 60 unit, kemudian lapak ada 120 unit. “Adapun perombakan terhadap Pasar Tenguyun dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan berbelanja di pasar,” ujarnya.

Meskipun Pasar Tenguyun merupakan salah satu pasar tradisional di Bumi Paguntaka, bila terlihat lebih bersih dan rapi, akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi masyarkat yang akan belanja.

“Pemkot Tarakan menilai kondisi pasar saat ini sudah mulai kumuh, jalan sudah tidak bersih, hal tersebut tentunya bisa membuat masyarakat enggan untuk berbelanja di pasar. Sehingga kita harapkan dengan adanya perombakan ini, pasar tradisional ini bisa lebih nyaman lagi,” tuturnya.

Dirinya berharap, dengan adanya perombakan terhadap pasar tersebut menjadi lebih nyaman dan bisa membantu pedagang yang ada di pasar tersebut bangkit lagi. “Selama ini alasan masyarakat lebih memiliki berbelanja di supermarket karena lebih nyaman,” tuturnya.

Adapun dengan adanya perombakan tersebut diharapkan Pasar Tenguyun lebih banyak masyarakat yang datang untuk berbelanja. “Barang dagangan nanti tidak ditempat di lorong pasar lagi, fungsinya tidak lain untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang berbelanja,” pungkasnya. (jnr/lim)

sumber: https://kaltara.prokal.co/read/news/37107-rombak-pasar-tenguyun-jadi-pasar-modern/6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here