Pastikan Aman, Disdagkop Bersama BPOM Awasi Barang Konsumsi

0
14
https://kaltara.prokal.co/read/news/37079-pastikan-aman-disdagkop-bersama-bpom-awasi-barang-konsumsi.html

TARAKAN – Sebagai upaya memastikan barang konsumsi yang dijual ke masyarakat aman dan terjaga kualitasnya, dalam waktu dekat Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Tarakan bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Tarakan dan instansi terkait, akan melakukan pengawasan barang konsumsi ke toko-toko yang ada di Bumi Paguntaka menjelang Idulfitri.

Kepala Disdagkop dan UMK Tarakan, Untung Prayitno mengatakan, pengawasan barang konsumsi ke toko-toko selalu dilakukan pihaknya bersama BPOM Tarakan dan instansi terkait setiap tahunnya. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan barang konsumsi yang beredar layak untuk dikonsumsi. “Kegiatan ini biasanya kita lakukan 2 minggu mendekati Idulfitri, dimana kita mengecek ke toko-toko untuk memastikan barang yang dijual aman dan layak untuk di konsumsi,” ujarnya, Selasa (27/4).

Adapun untuk memastikan barang konsumsi tersebut aman dan layak untuk dikonsumsi dengan melakukan pengecekan tanggal kedaluwarsa. Selain itu pihaknya juga melakukan pengecekan kondisi barang konsumsi tidak ada kerusakan di bagian luarnya.

“Jadi kita pastikan tanggal kedaluwarsanya, bila lewat tanggal nanti kita ambil untuk dimusnahkan. Artinya barang kedaluwarsa ini tidak boleh diserahkan ke distributor takutnya disalah gunakan lagi,” ujarnya.

Sementara untuk barang konsumsi yang kondisinya rusak, pihaknya akan menyerahkannya ke pihak distributor untuk diganti dengan barang konsumsi yang kondisinya bagus untuk dijual. (jnr/fly)

 

Sumber: https://kaltara.prokal.co/read/news/37079-pastikan-aman-disdagkop-bersama-bpom-awasi-barang-konsumsi.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here