Pajak Air Permukaan akan Dongkrak PAD

0
22
https://korankaltara.com/pajak-air-permukaan-akan-dongkrak-pad/

TANJUNG SELORKoran Kaltara – Realisasi pajak daerah di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada triwulan pertama tahun ini dinilai cukup baik. Dari lima jenis pungutan pajak, rata-rata realisasinya mencapai 16,80 persen, di mana paling tinggi adalah pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sebesar 21,63 persen. Salah satu yang juga mulai menyumbangkan penerimaan pajak adalah jenis Pajak Air Permukaan (PAP) di mana hingga 31 Maret lalu sudah sebesar 15,38 persen.

Dijelaskan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltara, Imam Pratikno, PAP ke depan bakal memberikan sumbangsih penerimaan yang jauh lebih tinggi. Bahkan, disebut dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kaltara disektor pajak, bersama empat komponen penerimaan pajak yang lain.

“Kita optimis PAP ke depan bisa lebih tinggi. Penerimaan pajak ini sebelumnya sudah ada, tapi dengan adanya pemasangan flow meter, kita yakin bisa lebih besar penerimaannya,” ujarnya, (23/4/2021).

Dia mengungkapkan, sebagai upaya meningkatkan nilai penerimaan pajak, pihaknya telah memasang flow meter sebagai alat mengukur debit air. Dengan pemasangan alat itu, pihak perusahaan misalnya, sebagai objek PAP, tidak dapat lagi melakukan ‘permainan’ atau memanipulasi perhitungan pembayaran pajak air permukaan tersebut.

“Kami sudah pasang flow meter, jadi mereka tidak bisa lagi ‘bermain’. Itu (pemasangan flow meter) di perusahaan-perusahaan. Kalau di PDAM mereka memang punya flow meter khusus,” beber Imam.

Lebih rinci disebutkan, bahwa ada tujuh perusahaan yang dilakukan pemasangan flow meter di Kaltara tahun ini. Lima diantaranya sudah terpasang, sedangkan dua lainnya ditargetkan rampung pemasangannya dua pekan ke depan.

“Yang sudah terpasang itu, ada dua di Malinau, kemudian dua di Tana Tidung dan satu di Bulungan. Sedangkan dua lainnya yang belum terpasang itu ada di Bulungan juga,” sebutnya.

Untuk diketahui, ada tujuh perusahaan yang dilakukan pemasangan flow meter. Lima yang telah terpasang adalah, Artha math Naha Kramo (Malinau), Baradinamika Mudasukses (Malinau), Pipit Mutiara Jaya (Tana Tidung), Adindo Hutani Lestari (Tana Tidung) dan Sanggam Kahuripan Indonesia (Bulungan). Sementara dua lainnya yang masing-masing ditarget terpasang pekan depan dan dua pekan depan yakni Pipit Mutiara Indah (Bulungan) dan Sanjung Makmur (Bulungan). (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor:Eddy Nugroho

 

Sumber: https://korankaltara.com/pajak-air-permukaan-akan-dongkrak-pad/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here