Malinau Terendam, BPBD Antisipasi Banjir Kiriman ke Tanjung Selor

0
16
https://korankaltara.com/malinau-banjir-bpbd-antisipasi-banjir-kiriman-ke-tanjung-selor/

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sejumlah wilayah di Kabupaten Malinau terendam banjir mulai pagi tadi, Minggu (16/5/2021).

Kepala Seksi Penanganan Darurat pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Utara, Rony mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan dari BPBD setempat.

“Kalau laporan sementara pagi tadi sudah masuk. Tapi di sana juga masih mendata, karena begitu luas (wilayah Malinau),” kata Rony.

Ketinggian air yang merendam Kecamatan Malinau Kota dan Malinau Hulu antara 30 cm sampai 70 cm. Sementara pada beberapa desa di Kecamatan Mentarang Hulu, tinggi air antara 1 meter sampai 2 meter.

“Seperti Desa Long Berang, Desa Long Simau, Long Mekatif, Long Kebinu dan Long Semamu. Masyarakat di sana sudah ada yang mengungsi di Gedung SMP dan gereja,” paparnya.

Kondisi serupa juga terjadi di Kecamatan Mentarang. Ketinggian air yang masuk pemukiman warga antara 1 meter sampai 2 meter. “Seperti di Long Bisai, Desa Paking dan Pulau Sapi,” imbuhnya.

Banjir juga mulai meluas ke beberapa desa di Kecamatan Malinau Barat. Ketinggian air antara 50 cm sampai 70 cm.

“Di daerah Tanjung Lapang juga sudah mulai masuk. Semua itu data sementara. Kita masih terus pantau dan tunggu informasi selanjutnya,” ujar Rony.

BPBD juga mengantisipasi adanya banjir kiriman ke Tanjung Selor melalui Sungai Kayan. Banjir diprediksi menggenangi Ibukota Kaltara apabila di waktu bersamaan terjadi pasang air laut.

“Kemarin memang agak tinggi air, tapi air laut cenderung kecil, jadi tidak terlalu berdampak ke kita (Tanjung Selor). Kita masih pantau terus laporan dari BMKG. Karena kalau bertepatan dengan pasang, memang nanti bisa naik,” paparnya.

BPBD Kabupaten Bulungan telah diminta siap siaga. Sehingga langkah mitigasi bisa cepat diambil apabila air kiriman berpapasan dengan pasang air laut.

“Memang belum pasti (terjadi banjir), tapi BPBD harus ada kesiapsiagaan. Desa Tanggung Bencana juga terus diminta memberikan laporan sejauh mana perkembangan di sana,” pungkasnya. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Didik

 

Sumber: https://korankaltara.com/malinau-banjir-bpbd-antisipasi-banjir-kiriman-ke-tanjung-selor/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here