Kesbangpol Tegaskan Masih Banyak Ormas Yang Melalaikan Tanggung Jawab Pelaporan

0
43

TARAKAN – Semakin menjamurnya Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kota Tarakan mencerminkan kuatnya demokrasi di masyarakat. Meski begitu, Pemerintah Kota juga tetap intens dalam memantau segala perkembangan dan aktivitas orang untuk mencegah hal-hal yang dapat menganggu kondusifitas. Hal itu diungkapkan Kepala Kesbangpol Muhammad Haris saat diwawancara Radar Tarakan.

“Kami dari Kesbangpol tetap intens melakukan pemantauan-pemantauan tidak hanya kepada partai politik tapi kepada seluruh ormas-ormas. Jadi doanya teman-teman saya pikir kan ini semakin baiknya SDM Tarakan maka semakin baik saya pikir tingkat kesadaran masyarakat juga bagus. Dan tahap keamanan dan ketertiban akan lebih terjaga,”ujarnya, (29/6).

Ia mengakui saat ini masih banyak ormas yang tidak rutin memenuhi tanggung jawabnya seperti melakukan perpanjangan pendaftaran dan melakukan pelaporan tahunan di Kesbangpol. Padahal, tanggung jawab itu merupakan bagian terpenting dalam mendapatkan legalitas.

“Sejauh ini sebagian organisasi memang belum seluruhnya memperbarui laporanya (Pendaftaran) tapi juga sudah banyak yaang melakukan pelaporan ulang. Hanya memang salah satu kendala Kesbanpol adalah sejak kita dilanda pandemi covid-19, ada sebuah perubahan dari Dirjen Pol Mendagri bahwa kita ada yang namanya aplikasi web di mana sarana dan prasarananya harus menunjang. Salah satunya kita harus memback up operator kita,”ujarnya, (29/6).

“Yang memperbaharui pendaftarannya sekitar 50 persen lah. Tapi kami juga melakukan pengawasan ormas yang melibatkan unsur inteligent. Kalau poin syaratnya saya tidak begitu hafal, ada di form yang kami bagikan mencakup semua pertanyaan tentang domisili ormasnya, kantor, anggotanya dan tujuan berdirinya ormas itu,”sambungnya.

 

sumber: https://kaltara.prokal.co/read/news/37809-kesbangpol-tegaskan-masih-banyak-ormas-yang-melalaikan-tanggung-jawab-pelaporan.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here