Hutan Mangrove Tarakan, Kawasan Wisata di Tengah Kota

0
65
https://blog.pks.id/2021/08/hutan-mangrove-tarakan-kawasan-wisata.html

Terbayang bagaimana menyenangkannya objek wisata satu ini, Kawasan Konservasi

Hutan Mangrove dan Bekantan (KKMB) Tarakan. Dengan luas lahan 21 hektar, kawasan ini memiliki hamparan pohon bakau yang sangat meneduhkan ketika kita berada di dalamnya.

Tidak hanya hamparan pohon bakau yang menjadi daya tariknya, KKMB yang berada di pusat kota Tarakan dan menjadi salah satu paru-paru kota ini juga memiliki satwa langka yang dilindungi. Satwa sejenis kera yang bernama Bekantan atau ada juga yang menyebutnya dengan “Monyet Belanda”. Keunikan satwa ini ada pada hidungnya yang mancung.

 

Makanan kesukaan bekantan ini adalah pucuk daun Mangrove, oleh karena itu Bekantan sangat betah berada di kawasan hutan mangrove ini, tentunya karena limpahan sumber makanannya berada di sana.

Akses jalan masuknya berupa jembatan. Jembatan yang tersusun rapi ini juga menjadi daya tarik kawasan ini, selain terlihat indah jembatan ini memudahkan para pengunjung berkeliling menikmati indahnya KKMB. Suguhan sejuknya udara hutan mangrove membuat betah pengunjung berlama-lama di sana.

Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Tarakan, Ummi Kalsum, sering berkunjung dan merekomendasikan kawasan ini.

“Bahkan setiap ada keluarga kami yang datang dari luar kota tidak pernah lupa kami mengajak mereka berkunjung ke KKMB,” ujarnya yang akrab disapa Ummi.

Menurut Ummi, rekreasi bersama keluarga atau kerabat merupakan salah satu cara meningkatkan keharmonisan.

“Rekreasi bersama keluarga dapat menciptakan keharmonisan dan kedekatan secara batin antar anggota keluarga,” terangnya.

Ummi berharap pengelola KKMB dapat lebih serius memperhatikan fasilitas di tempat tersebut.

” Tempat ini sudah bagus, tapi jika ditingkatkan fasilitas-fasilitas umum yang ada di KKMB seperti mushola, toilet, tempat duduk, pendopo-pendopo dan fasilitas umum lainnya, karena ketersediaan fasilitas tersebut akan membuat pengunjung lebih nyaman dan menambah daya tarik para pengunjung KKMB lebih banyak lagi,” jelas Ummi.

“Saya berharap para pengunjung juga bisa menjaga kebersihan dan fasilitas di KKMB demi kenyamanan bersama,” harapnya.

By. Rhienie

Sumber: https://blog.pks.id/2021/08/hutan-mangrove-tarakan-kawasan-wisata.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here