Di Ibukota Provinsi Ini, Ditargetkan Vaksinasi 600 Jiwa Per Hari

0
7

TANJUNG SELOR – Setelah pelayanan publik dan lansia, kini giliran masyarakat umum yang menjadi sasaran penerima vaksin Covid-19. Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Bulungan, dr. Heriyadi Suranta mengatakan, vaksinasi untuk masyarakat umum akan segera dimulai. Sesuai tahapan III akan dilaksanakan pada awal Juli mendatang.

“Sekarang ini vaksinasi untuk pelayanan publik dan lansia masih terus dilakukan,” kata Heriyadi kepada Radar Kaltara, Senin (28/6). Diharapkan, seluruh masyarakat menerima vaksin. Apalagi sekarang ini jumlah kasus aktif Covid-19 di Bulungan terus mengalami penambahan. “Untuk pelaksanaan vaksinasi bisa dikonfirmasi ke dokter Velix,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan, Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Bulungan, dr. Velix Toding Sima saat dikonfirmasi mengatakan, sesuai tahapan pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat umum dimulai 1 Juli mendatang. “Secara resmi kita belum mengumumkan. Tetapi, kalau sesuai tahapan Juli sudah dimulai,” kata  Velix.

Sesuai target pusat, vaksinasi ditarget 1 juta jiwa per hari. Namun, di daerah ini minimal 600 jiwa per hari. “Sekarang ini kami sedang membuat sekema pelaksanaan vaksinasi supaya tidak terjadi kerumunan,” ujarnya.

Secara keseluruhan, Velix mengaku tidak mengetahui secara pasti jumlah sasaran untuk masyarakat umum. Diperkirakan, akan ada ribuan masyarakat umum yang menjadi sasaran penerima vaksin. “Secara pasti saya kurang tahu. Tetapi, kemungkinan ada puluhan ribu,” sebutnya.

Apalagi sekarang ini dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengeluarkan rekomendasi vaksin Sinovac untuk usia 12-17 tahun. “Tetapi, sampai saat ini belum ada petunjuk secara resmi dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan). Jadi, sasarannya akan lebih luas lagi,” ungkapnya.

Pelaksanaan vaksinasi untuk pelayanan publik dan lansia sampai sekarang ini masih berjalan. “Untuk pelayanan publik, sejauh ini sudah hampir 100 persen,” bebernya. Sedangkan, vaksinasi untuk lansia sesuai target pusat sudah lebih 100 persen. Namun, kalau sesuai target daerah belum. “Target di daerah dengan pusat berbeda. karena data riil di lapangan berbeda dengan data pusat,” bebernya.

Nantinya, walaupun masyarakat umum divaksin. Namun, bukan berarti pemberian vaksin untuk lansia dihentikan. Tetap akan diberikan. “Lansia tetap kita prioritaskan, karena mereka rentan terpapar,” bebernya. (*/jai/eza)

sumber: https://kaltara.prokal.co/read/news/37803-di-ibukota-provinsi-ini-ditargetkan-vaksinasi-600-jiwa-per-hari/6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here