Cek Fakta: Nilai CT di Atas 30 Konon Tunjukkan Pasien Covid-19 Sudah Sembuh, Simak Faktanya

0
16
https://www.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-012250051/cek-fakta-nilai-ct-di-atas-30-konon-tunjukkan-pasien-covid-19-sudah-sembuh?page=2

PIKIRAN RAKYAT – Beredar pesan berantai melalui WhatsApp yang berisi informasi nilai CT (Cycle Threshold) pada tes PCR Covid-19.

Pesan tersebut menampilkan nilai CT dikelompokkan dalam beberapa kategori yang menentukan kesembuhan pasien Covid-19.

Hasil periksa fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia), yaitu tidak ada pengelompokan nilai CT (Cycle Threshold) pada tes PCR Covid-19.

Serta nilai tersebut tidak dapat dipakai untuk menentukan derajat keparahan gejala, kesembuhan maupun daya penularan pada pasien Covid-19.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com (PR) dari Turn Back Hoax, Selasa, 20 Juli 2021, informasi kategori nilai CT yang beredar melalui pesan berantai WhatsApp tidak benar.

 

Melalui unggahan akun Twitter resmi @PBIDI, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengkonfirmasi bahwa tidak ada pengelompokan berdasarkan nilai CT, dan nilai CT tidak dapat dibandingkan antar lab karena ada perbedaan dalam metode, alat, reagen, serta sampel yang diperiksa.

 

 

Selain itu, ditegaskan pula bahwa berapapun nilai CT jika hasil tes PCR menunjukkan positif, maka harus menjalani isolasi dan berkonsultasi dengan dokter.

Hal serupa turut dijelaskan oleh Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan, Dr. Jaka Pradipta yang menyebutkan bahwa nilai CT bukanlah tolak ukur kesembuhan pasien Covid-19 dan juga bukan patokan apakah seseorang masih bisa menularkan Covid-19.

 

Hal ini disebabkan nilai CT dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor selain jumlah virus yang ditemukan dalam sampel tes PCR.

 

“Itu mitos dan menyesatkan yang kita lihat adalah gejalanya dan perbaikan. Kemudian, pemeriksaan penunjang seperti laboratorium, radiologi, dan yang paling penting sudah menyelesaikan isolasi minimal 10 hari, atau 14 hari,” katanya.

 

 

Dr. Jaka Pradipta mengatakan bahwa semakin dalam pemeriksaan, maka CT value nya semakin turun. Selain itu, mesinnya yang berbeda juga akan memengaruhi hasil yang berbeda bahkan proses penyimpanan dan proses pengerjaan akan menghasilkan pemeriksaan CT value yang berbeda.

 

“Kalau itu semua bagus, baru itu namanya sembuh. Contohnya, semakin dalam diperiksa, maka CT value-nya semakin turun. Mesinnya yang berbeda juga akan mempengaruhi hasil yang berbeda, proses penyimpanan dan proses pengerjaan akan menghasilkan pemeriksaan CT value yang berbeda,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa nilai CT value bukanlah acuan karena faktanya, banyak pasien kritis dengan CT value tinggi bahkan pasien tanpa gejala CT value nya rendah.

Dari berbagai fakta di atas, maka pesan yang beredar melalui WhatsApp tersebut dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan.***

 

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-012250051/cek-fakta-nilai-ct-di-atas-30-konon-tunjukkan-pasien-covid-19-sudah-sembuh?page=2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here