Lomba Pidato Tokoh Bangsa FPKS, Sujiwo Tejo : Cara baru PKS Kenalkan Tokoh Pahlawan pada Masa Kini

0
30
https://fraksi.pks.id/2021/11/09/lomba-pidato-tokoh-bangsa-fpks-sujiwo-tejo-cara-baru-pks-kenalkan-tokoh-pahlawan-pada-masa-kini/

Jakarta (09/11) — Budayawan Sujiwo Tejo mengapresiasi Lomba Pidato Tokoh Bangsa yang diselenggarakan Oleh Fraksi PKS di saat wawasan kebangsaan yang semakin memudar diantara para generasi muda.

Hal ini disampaikan secara virtual dalam webinar Pembukaan acara Lomba Pidato Biografi para Tokoh Bangsa yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Pahlawan sekaligus Milad Fraksi PKS DPR-RI yang ke -17 pada Selasa (09/11/2021).

“Harus diakui bahwa semakin kesini, pahlawan semakin membosankan, harus kita jujur itu, apalagi bagi generasi Z dan juga generasi Millenial karena menggunakan pendekatan yang itu-itu saja” tutur budayawan asal Jember tersebut

Ia pun memuji Fraksi PKS DPR-RI yang mengadakan acara lomba pidato tokoh bangsa ini sebagai cara baru dalam memperkenalkan Kembali nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi Muda.

Pada kesempatan ini juga, Sujiwo Tejo juga sempat mengkritisi perilaku para tokoh politik yang menggunakan Kalimat “Demi Bangsa dan Negara” yang dianggapnya kurang tepat untuk merefleksikan nilai-nilai kepahlawanan masa kini

“Kalo bisa saya titip pesen, tokoh-tokoh jangan bilang seperti itu, nanti diketawain ayam . karena ga percaya wong mereka kaya sendiri, punya mobil lebih dari 30, punya tambang dimana-mana “ tutur Sujiwo Tejo.

Lebih lanjut, Sujiwo juga mengkritik para tokoh yang dianggap mengambil kesempatan di saat banyak masyarakat yang kesulitan dan jauh dari nilai-nilai kepahlawanan yang patut untuk diteladani.

“Kau yang mulai, kau yang mengakhiri. Kau yang bikin kebijakan dan kau yang punya bisnis PCR, itu gimana ? orang-orang akan ketawa nanti melihat kebijakan itu “ lanjut kritik dari Presiden Jancukers tersebut.

Meskipun sangat mengapresiasi acara tersebut, namun Sujiwo Tejo tetap memberikan beberapa usulan seperti meminta kepada para juri agar nantinya menitikberatkan penilaian kepada bagaimana peserta mendapatkan Turning Point dari hasil melihat , memahami dan memaknai karakter tokoh yang diperankan nantinya .

“saya usulkan bahwa penilaian terbesar untuk dewan juri adalah para pidatowan dan pidatowati yang sanggup menyampaikan Turning Point seseorang menjadi nasionalis. Bagaimana pak Kyai Hashim jadi nasionalis, bagaimana Ahmad Dahlan menjadi Nasionalis, bagaimana Bung Karno menjadi Nasionalis “ Pungkas Sujiwo.

Lomba Pidato Biografi Tokoh Bangsa Tingkat Nasional merupakan salah satu program unggulan yang diselenggarakan oleh Fraksi PKS DPR RI.

Acara launching yang diadakan secara virtual ini dibuka oleh Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, dan dilanjutkan dengan pemberian arahan dan peresmian lomba oleh Dr. Salim Segaf Aljufri selaku Ketua Majelis Syuro PKS, kemudian diikuti oleh webinar bertajuk “Hari Pahlawan: Mencintai dan Merawat Indonesia” dengan 3 narasumber utama, salah satunya yakni Budayawan nasional Sujiwo Tejo, Wakil Ketua MPR RI Muhammad Hidayat Nur Wahid, serta Ahli Peneliti Utama BRIN Prof. Dr. Siti Zuhro

Sumber: https://fraksi.pks.id/2021/11/09/lomba-pidato-tokoh-bangsa-fpks-sujiwo-tejo-cara-baru-pks-kenalkan-tokoh-pahlawan-pada-masa-kini/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here