Komunitas Hijrah Maluku Sambangi Kampung Muallaf

0
166

Ambon, beberapa waktu yang lalu tepanya tanggal  8 Maret Komunitas Hijrah Maluku kembali melaksanakan kegiatan sosial keagamaan dengan memberikan santunan dan pelatihan bagi warga Muallaf di Dusun Rohua dan Dusun Yalahatan kecamatan Amahai kabupaten Maluku Tengah. Santunan yang berupa Sandang dan Pangan diberikan kepada 30 kepala keluarga yang berstatus muallaf di dusun Rohua. Kepala Dusun Rohua, Son Matoke dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara continue. “Kami berharap kunjungan komunitas ke dusun Rohua dapat dilakukan setiap tahunnya agar persaudaraan antara warga muallaf dan komunitas tidak terputus. Kami juga berharap agar komunitas mau membimbing warga muallaf Rohua agar mereka dapat menjalankan ajaran agama Islam dengan baik”.
Kegiatan yang berlangsung selama empat hari itu juga diisi dengan pelatihan tata cara pengurusan jenazah sesuai dengan aturan ajaran Islam.
Zulkifli Farojai selaku ketua komunitas mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut diberikan kepada warga muallaf agar mereka mengerti tata cara mengurus jenazah sebagaimana yang dikehendaki oleh agama Islam sehingga mereka tidak mencampuradukkan pengurusan jenazah dengan kepercayaan-kepercayaan lama yang mereka anut.
Dalam pada itu, kegiatan Komunitas Hijrah Maluku juga disertai dengan penyerahan Al-Qur’an, Iqro, dan buku panduan shalat dan ibadah serta beberapa unit perlengkapan jenazah dari kafan hingga tikar jenazah. “Kami juga memberikan perlengkapan jenazah agar sewaktu-waktu dalam keadaan mendesak pihak kasisi masjid tidak lagi kerepotan mencari perlengakapan mayat karena sudah tersedia di masjid. Demikian pula Al-Qur’an dan Iqro serta buku penunjang bacaan tuntunan ibadah agar masyarakat muallaf dapat memaksimalkan waktu untuk belajar dan membaca Al-Qur’an karena fasilitas penunjangnya juga sudah tersedia.” Tutur Farojai.
Di samping itu juga pihak Komunitas menyerahkan buku Khutbah Jum’at kepada Khatib Masjid Yalahatan sebagai bahan pegangan dan tambahan bacaan pada saat jum’at berlangsung. “Kami juga menyerahkan kepada imam dan khatib masjid Yalahatan bingkisan berupa beras sebagai bentuk apresiasi kami kepada mereka yang selama ini telah membina dan membimbing warga muallaf dusun Yalahatan.” Tambah Farojai.
Kegiatan Ekspedisi Kampung Muallaf Komunitas Hijrah Maluku diakhiri dengan pembagian pakaian layak pakai yang telah dikumpulkan dari pihak muhsinin diberbagai tempat.
Kami sangat berterima kasih kepada seluruh kaum Muslimin yang telah membantu pihak Komunitas baik berupa barang maupan dana demi kelancaran ekspedisi kampung muallaf ini. Semoga Allah swt membalas budi baik para muhsinin sekalian dan semoga agenda positif seperti ini dapat berlangsung secara terus menerus hingga para muallaf mendapatkan hak yang sudah sewajarnya mereka dapatkan.” Tutup Farojai.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY