Aliansi Gertak Gelar Aksi Demo di Kantor Badan Penghubung Kaltara

0
24
https://korankaltara.com/aliansi-gertak-gelar-aksi-demo-di-kantor-penghubung-kaltara/

TARAKAN, Koran Kaltara – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Gertak atau Gerakan Masyarakat Tagih Janji Kaltara menggelar aksi demo tuntut transparansi pemerintah terkait persoalan penanganan limbah di Sungai Malinau, Senin (12/4/2021).

Aksi Demo dimulai di Simpang Empat Grand Tarakan Mall (GTM) sekitar pukul 14.00 Wita. Setelah menyampaikan orasi di depan GTM, massa kemudian melakukan long march menuju kantor Badan Penghubung Provinsi Kaltara di Jalan Mulawarman.

Aksi demo mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian, baik di depan GTM maupun di depan kantor Badan Penghubung Provinsi Kaltara.

Supardi, koordinator aksi mengatakan, aksi demo diikuti sembilan lembaga mahasiswa se-Kota Tarakan yang tergabung dalam Gertak.

“Untuk jumlahnya kita ada sekitar 50 orang, dalam aksi ini ada lima tuntutan, salah satunya terkait persoalan pencemaran lingkungan di sungai Malinau,” ujarnya.

Mahasiswa menuntut adanya transparansi Pemerintah Provinsi Kaltara dalam penanganan pencemaran lingkungan yang dilakukan perusahaan.

“Pemerintah menyebut persoalan tersebut sudah beres tapi tidak menyebutkan secara detail seperti apa. Kita minta Pemerintah Kaltara Transparan,” ungkapnya.

Mahasiswa berharap, setelah aksi ini pemerintah lebih tegas dan transparan agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali karena sudah beberapa kali terjadi sejak tahun 2010.

Mahasiswa mengatakan, di daerah aliran sungai Malinau terdapat 14 desa dan beberapa kecamatan.

Terkait enam poin surat yang dikeluarkan Pemkab Malinau, menurut mahasiswa itu bukan sanksi dan memang sebuah tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat.

“Menurut saya itu bukan sanksi, melainkan rekomendasi tanggung jawab perusahaan, seperti memperbaiki tanggul jebol, penyebaran benih ikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, di lokasi yang sama puluhan mahasiswa asal Kabupaten Malinau menggelar aksi damai, Senin. (12/4/2021).

Aksi damai digelar puluhan mahasiswa dengan membawa spanduk bertulisan aksi damai dan warga Malinau tidak ingin diadu domba.

Tanpa orasi dari peserta aksi. Mereka hanya membentangkan membawa spanduk bertuliskan ucapan terimakasih Pemkab Malinau, dan tim investigasi Pemprov Kaltara yang telah mengeluarkan rekomendasi dan surat keputusan Bupati Malinau. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

sumber: https://korankaltara.com/aliansi-gertak-gelar-aksi-demo-di-kantor-penghubung-kaltara/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here