Aleg PKS Dorong Kemendes PTT Bangun Aplikasi Desa Wisata

0
20
https://fraksi.pks.id/2021/11/08/aleg-pks-dorong-kemendes-ptt-bangun-aplikasi-desa-wisata/

Tasikmalaya (08/11) — Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sedang merancang aplikasi desa wisata untuk memudahkan publisitas maupun layanan bagi wisatawan.

Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PKS Toriq Hidayat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Kemendes PDTT tersebut.

Toriq menyebutkan salah satu aspek yang mempengaruhi cepat atau lambatnya perkembangan desa wisata adalah promosi. Terutama bagi desa wisata yang sedang merintis.

“Saya apresiasi untuk Kemenndes PDTT. Memang dibutuhkan inovasi dalam mempromosikan desa wisata. Terutama bagi desa yang sedang merintis pariwisatanya. Jika desa wisata sudah terpromosikan dengan baik maka tinggal memperbaiki aspek lain secara paralel,” kata Politisi PKS ini.

Toriq juga mendorong para pemangku kepentingan baik pusat mapun daerah untuk bekerja keras mengembangkan desa wisata. Karena menurutnya, semakin tinggi kunjungan wisatawan ke desa wisata maka semakin besar manfaat yang akan dirasakan oleh warga desa.

“Semakin banyak wisatawan berkunjung ke desa wisata maka potensi produk-produk unggulan desa diserap pasar bakal kian besar sehingga akan terjadi pertumbuhan ekonomi di desa, dan kesejahteraan warga desa akan terwujud. Oleh karenanya semua pemangku kepentingan harus solid ,” tuturnya.

Toriq menambahkan bahwa tidak mudah melakukan promosi pada desa wisata yang baru dibentuk. Minimnya sumber daya manusia yang memahami strategi promosi desa wisata menjadi faktor yang mempengaruhi perkembangan desa wisata karena pada umumnya.

“Desa yang sedang merintis desa wisata tentu merasa bingung bagaimana cara memasarkan desa wisata. mereka haya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut oleh orang di sekitar desa karena tidak mempunyai dana khusus untuk memasarkan desa wisata melalui aplikasi media sosial,” ujarnya.

Karenanya Toriq sangat mendukung penyiapan aplikasi desa wisata oleh Kemendes PDTT.

“Desa wisata merupakan salah satu cara potensial yang akan mengungkit perekonomian warga yang terpukul akibat pandemi COVID-19. Dan berharap Kemendes PDTT terus meningkatkan bantuan bagi pengembangan desa di Tanah Air,” ujar Toriq.

Sumber: https://fraksi.pks.id/2021/11/08/aleg-pks-dorong-kemendes-ptt-bangun-aplikasi-desa-wisata/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here